Selasa, 11 September 2012

Wedang Herbal Kencur Atasi Kembung

SLEMAN (KRjogja.com) - Arti pentingnya ‘back to nature’ atau kembali ke hal-hal yang alami semakin disadari banyak orang. Wajar saja, pemanfaatan aneka bahan alami sebagai bahan baku untuk produk kesehatan semakin meluas. Bahkan, dapat diproses menjadi wujud wedang herbal yang bisa rutin dikonsumsi sehari-hari.

“Karena, tidak mengandung bahan kimia dan tidak menimbulkan efek samping merugikan, dalam sehari bisa minum dua sampai tiga gelas wedang herbal,” papar perajin wedang herbal asal Gamping Sleman, Mukhlis HN, Jumat (7/9).

Dalam pembuatan wedang herbal kencur, bahan baku yang dibutuhkan adalah rimpang jahe, kencur, kunir putih, temulawak, daun sirih dan kayu secang. Dengan memanfaatkan kencur antara lain diolah menjadi wedang beras kencur dengan khasiat seperti mengatasi kembung, mual karena masuk angin dan batuk.

Garis besar pengolahannya, rimpang kencur digiling lalu diperas dan diambil sarinya. Disusul proses perebusan dengan ditambah gula dan rempah-rempah sampai akhirnya berubah menjadi wujud kristal.

“Proses perebusan dengan diaduk-aduk membutuhkan waktu setengah jam. Setelah wujud kristal diangin-anginkan dan dikemas. Pemakaian tinggal diseduh dengan air panas ataupun hangat,” jelasnya. (Yan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar