Selasa, 11 September 2012

Pecel Daging Penuh Citra Rasa

BANTUL (KRjogja.com) - Makan pecel bagi semua orang pasti sudah biasa, namun pecel daging yang ditawarkan Warung Pecel Cabean di Jalan Parangtritis ini sayang jika tidak mampir dan mencicipinya. Pecel yang disajikan dengan irisan daging sapi dengan cita rasa bumbu yang khas ditambah bangunan eksotis model joglo, dengan penantaan ruang yang artistik penuh keindahan, menambah kenikmatan dalam menyantap pecel cabean.

Pemilik Waroeng Pecel Cabean, Suradi mengatakan pada awalnya adalah keinginan ketika setiap akhir pekan jalan-jalan dan menemukan tempat kuliner bersama keluarga. Dari jalan-jalan tersebut munculah ide membuat kuliner tradisi yang beda dengan yang lainya.

"Disini pecelnya memang biasa, yang membuat luar biasa adalah ramuan khusus yang memang tidak sembarang orang mengetahuinya. Satu porsi pecel berisi sayuran bayam, wortel, toge dan kacang panjang. Ditambah potongan daging sapi yang dipotong kotak-kotak? dan digoreng kering, ditaburi bawang goreng. Di atasnya dua potong lempeng karak," ungkapnya saat ditemui di warung pecelnya Jalan Parangtritis Km.6 Sewon Bantul, Yogyakarta.

Suradi mengatakan pecel ini memang sangat menjadi andalan, terutama sambel pecelnya yang terasa benar kacangnya. Cocok dipadu dengan empal yang manis, plus karak rasanya gurih sebagai sedikit meredam rasa manis empal. Sehingga menghasilkan rasa guris, manis, dan sedikit asin bercampur jadi satu.

Di Woroeng Pecel Cabean ini, kita tidak saja menikmati hidangan, melainkan kita dapat melihat dokumentasi foto-foto Yogya pada masa lalu. Waroeng Pecel Cabean ini, menurut Suradi, ingin mengembalikan tradisi yang hampir punah, dulu kita sering mendatangi warung-warung lesehan sambil ngrumpi, di tempat ini, pengunjung dapat melakukan apa saja.
Dengan kapasitas ratusan kursi , jika pengunjung menginginkan untuk pertemuan bersama sanak keluarga atau sekadar teman, pecel cabean ini melayani semuanya.

Menu hidangan tambahan khas jawa lainnya adalah baceman tahu, tempe dan empal. Disiapkan juga toples-toples berisi rempeyek, krupuk, kacang, dan sebagainya. Jika anda datang pada Sabtu dan Minggu disediakan jajan pasar. Di tempat ini pula disediakan menu makanan umum lainnya adalah aneka sup, mie dan sayur, bakaran, seafood dan masakan bernuansa oriental.

Harga memang berbeda dari warung atau rumah makan lainya. Di Waroeng Pecel cabean harga masih bertaraf standar, dari kantong menengah kebawah pun dapat mencobanya dengan hanya Rp 20ribu per porsi. Yang lebih unik adalah tersedia minuman? tradisional Jawa seperti beras kencur, teh poci dan semacamnya, ada pula limun zaman dulu dengan harga dari mulai Rp. 2.500 sampai Rp.6.000. (Fir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar