Selasa, 11 September 2012

Pawonsari, Segitiga Baru Objek Wisata Alam

YOGYA (KRjogja.com) - Tiga kabupaten di tiga provinsi di DIY, Jawa Tengah dan Jawa Timur yaitu Pacitan, Wonogiri dan Wonosari membentuk sinergi promosi dunia pariwisata yang dikenal dengan Pawonsari. Pawonsari yang memiliki kesamaan geografis dan letaknya bedekatan satu sama lain diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan dan lama tinggalnya.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Tazbir Abdullah mengatakan Pawonsari ini merupakan sinergi 3 provinsi di Jawa yang memiliki kesamaan potensi wisata, yakni pantai dan goa karst. Sinergi ketiga kabupaten ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk bisa menikmati wisata alam dan petualangan dengan nuansa yang berbeda.

"Pawonsari akan berkembang terlebih dengan adanya jalur lintas selatan (JLS) yang masih dalam proses pembangunan. Dunia pariwisata di Pulau Jawa bisa merata dan tidak hanya didominasi wilayah tengah dan utara," ujarnya di Yogyakarta, Senin (10/9).

Tazbir mengungkapkan terlebih nanti di DIY akan memiliki bandara internasional dengan daya tampung yang sangat besar  sehingga DIY dapat menjadi pintu gerbang pariwisata benar-benar bisa terwujud yang juga bermanfaat daerah lainnya seperti Pacitan dan Wonogiri.

Bupati Pacitan Indartarto mengatakan berbagai kegiatan promosi terus dilakukan, baik di skala lokal, nasional dan internasional. Kabupaten paling selatan Jawa Timur ini memiliki banyak potensi wisata yang bisa dikembangkan dan menarik wisatawan.

"Kita berdekatan dengan Wonogiri dan Yogyakarta, terlebih dari Yogyakarta kita mendapat limpahan wisatawan karena jarak tempuh hanya 3,5 jam sehingga membantu kunjungan wisatawan di kota tempat kelahiran Presiden SBY ini," ujarnya.

Indartarto pihaknya optimis jumlah wisatawan akan terus meningkat. Tahun 2012 ini saja, hingga bulan Agustus 2012 jumlah wisatawan sudah memenuhi dari yang ditargetkan yakni 576.000 kini sudah mencapai 590.000 orang.

"Dari jumlah wisatawan tersebut, 70 persen merupakan wisatawan domestik yang berasal dari Yogyakarta dan Solo.  Jadi kedua kota ini menjadi pintu gerbang wisatawan atau merupakan segitiga emas dengan potensi wisata karst dan pantai  yang bisa digali bersama," tambahnya.

Memiliki potensi wisata yang beragam, belum cukup bagi Kabupaten Pacitan, Jawa Timur untuk menjadi salah satu daerah tujuan wisata utama baik di Jatim maupun Indonesia. Masih dibutuhkan kerja keras dari semua pihak untuk terus mempromosikan, demikian juga dengan kesiapan sumber daya manusia (SDM) dan fasilitas akomodasinya.

Menurutnya, potensi yang dimiliki Pacitan saat ini menjadi andalan sebagai daerah wisata antara lain alam yakni wisata goa yang kemudian daerah ini menjuluki sebagai Kota Seribu Goa, pantai, pemandian air hangat, monumen Jenderal Sudirman dan wisata spiritual. (Fir)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar