Rabu, 09 Januari 2013

Biji Selasih Bantu Turunkan Panas Tubuh

PERNAH membeli minuman es buah yang dipadu biji selasih? Selain penuh rasa lezat, biji selasih ternyata juga mempunyai banyak khasiat kesehatan.

Menurut penjual tanaman hias dan obat asal Pingit Yogya, M Syaifudin, cara memanfaatkan biji selasih cukup mudah. Caranya, biji selasih yang sudah tua cukup direndam air, sehingga akan muncul selaput putih bening di bagian pinggir biji yang seukuran wijen tersebut. Selanjutnya bisa digunakan sebagai campuran minuman maupun dipadukan saat membuat puding.

“Dengan mengkonsumsi biji-biji selasih yang sudah direndam, direbus atau dicampurkan pada minuman juga diyakini membantu menurunkan panas tubuh, menambah selera makan dan mengatasi batuk-demam,” ungkap Udin, saat ditemui KRjogja.com beberapa waktu lalu.

Ditambahkan, biji selasih diyakini mempunyai khasiat sebagai anti biotik yang mampu melawan bakteri. Khasiat penting lain, yakni membantu menghaluskan kulit wajah. Cara membuat ramuan, biji dihaluskan hingga menjadi bubuk biji selasih secukupnya. Ditambah air dingin secukupnya dan dibalurkan pada kulit wajah serta didiamkan beberapa saat. Lalu dibersihkan dengan air. Cara ini dapat dilakukan satu kali sehari. Adapun perbanyakkan tanaman dengan menggunakan bagian biji. Penanaman tanaman yang sekerabat dengan kemangi ini bisa di pot, polybag maupun tanah langsung.(Yan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar