Minggu, 13 Mei 2012

Susur Kali Oyo Komplek Gua Pindul Tetap Mengasyikkan

MESKI sudah memasuki musim kemarau, menyusur Kali Oyo di Komplek Gua Pindul, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul tetap mengasyikan. Bahkan terasa lebih menantang, karena harus 'jumpalitan' melewati celah-celah bebatuan.

“Jarak lokasinya lebih pendek, tetapi waktu tempuhnya hampir sama, karena tidak secepat jika arusnya deras,” kata Siswanto dan Mbah Ireng Parno, salah satu pengunjung obyek wisata tersebut, Rabu (26/4) petang.

Sejak musim kemarau, kata Ketua Kelompok Sadar Wisata Gua Pindul Subagyo, wisatawan masuk dari sekitar tempuran sungai Oya dan Kali Branjang. Ini berbeda jika dibanding ketika musim penghujan penyusuran dimulai dari Dusun Kedungranti, Kecamatan Nglipar. Tetapi, arus deras dan aliran biasa mempunyai kelebihan masing-masing. Musim kemarau perjalanannya lambat. “Tetapi wisatawan dapat menyaksikan batuan tebing sungai yang indah,” tambahnya.

Di musim kemarau wisatawan tetap dapat merasakan derasnya air terjun yang mengalir dari Gua Pindul. Sehingga ketika melewati kawasan air terjun, ada sensasi tersendiri. Di tengah-tengah wisatawan meluncur dalam ban karet akan diguyur air deras, dan serasa kehilangan arah perjalan. “Ada juga yang berhenti untuk terjun ke sungai dari tebing sungai,” ujarnya.

Untuk menambah keramaian obyek wisata, kini sedang dirintis berbagai obyek wisata baru. Wisata Gua Pindul tak hanya memikat wisatawan domistik, tetapi sudah ribuan wisatawan asing mengunjungi obyek wisata di Dusun Gelaran ini. Sarana dan prasarana jalan juga terus diperbaiki.
"Ke depan obyek ini akan menjadi wisata unggulan di Gunungkidul," terang Subagyo. (Ewi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar