Senin, 18 Juni 2012

Tips Hindari Dehidrasi di Musim Panas Ini

MUSIM panas datang, rasa haus lebih cepat menyerang. Sayangnya, tingkat kesibukan seringkali membuat Anda malas memenuhi kadar air di tubuh. Agar Anda bebas dari serangan dehidrasi, lakukan langkah antisipasi berikut ini.

Minum air sepanjang hari sangat penting untuk kesehatan tubuh dan kulit, jadi jangan ragu untuk sering-sering minum air putih sebanyak-banyaknya. Selain memenuhi kebutuhan cairan di tubuh, minum air yang cukup dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi. Jika Anda tak ingin terserang dehidrasi, inilah tip yang dapat dilakukan, seperti dilansir Top Sant�.

Jangan menunggu sampai haus

Ketika Anda haus berarti tubuh sudah mengalami dehidrasi sebesar 5 persen. Untuk mengetahui apakah Anda cukup minum, Anda tidak boleh hanya mengandalkan pada frekuensi seberapa seringnya Anda haus, tetapi juga warna urin Anda. Jika warna urin Anda bening maka tingkat hidrasi atau air dalam tubuh Anda sudah cukup.

Jangan lupa minum

Untuk mengimbangi kehilangan air dari dalam tubuh, tubuh membutuhkan 2,5 liter air per hari. Jumlah ini harus berasal dari minum 1,5 liter air (air, teh, teh herbal, jus buah, sup, dll) dan 1 liter makanan kaya air (buah, sayuran, produk susu, dan lain-lain).

Minum seperti olahragawan

Setiap pagi minum segelas besar air untuk memulai hari dan mengembalikan kadar air dalam tubuh Anda. Kemudian minum segelas kecil air setiap jam atau sepuluh gelas sehari. Pada waktu makan jangan terlalu banyak minum air karena dapat membuat pencernaan terganggu. Sebaiknya minum air biasa atau air hangat.

Perbanyak konsumsi air

Ketika suhu udara panas, demam, aktivitas fisik, ruangan ber-AC, diet tinggi protein atau berada di dataran tinggi, cobalah untuk minum sedikitnya setengah liter air atau lebih setiap hari. Jika dalam keadaan normal tubuh kehilangan antara dua sampai tiga liter air setiap hari, maka satu jam berolahraga berat tubuh akan kehilangan cairan sebanyak tiga sampai empat liter.

Pilah-pilih air Anda

Air mineral kemasan kaya akan kalsium, magnesium, dan lain-lain. Minuman ini cocok (atau tidak) untuk setiap waktu (kehamilan, masa stres, kelelahan, aktivitas fisik, dsb). Hati-hati dengan sirup, soda yang mengandung terlalu banyak gula, dan minuman rasa buah.� (Okz/Git)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar