Selasa, 13 September 2011

Ini Dia, Bakso Sayuran Kreasi Mahasiswi UNY


YOGYA (KRjogja.com) - Bakso yang beredar selama ini terubuat dari daging sapi, ayam, ikan atau udang yang berbalut tepung. Bahkan, ada yang tercampur bahan kimia hingga pengawet sehingga membahayakan para penikmatnya.

Namun, ditangan mahasiswi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNY, bakso bisa dibuat menjadi alternatif makanan sehat dan berserat dengan bahan dasar sayuran. Mereka adalah Nining Rohmah, Azza Kadarwati dan Ari Nurlitawati.

"Seringkali bakso yang ada di pasaran banyak menggunakan bahan pengawet atau bahan tambahan makanan yang berbahaya bagi tubuh. Karena itu, kami ingin mengupayakan agar bakso juga bisa menjadi makanan sehat yang mengandung gizi pada sayuran seperti vitamin C, B kompleks,
zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, betakarotin, serat hingga senyawa antikanker," ujar Nining Rohmah.

Bakso sayur kreasi mahasiswa UNY tersebut terbuat dari campuran wortel, kubis, sawi hijau dan jamur tiram untuk bahan bakso. Dengan bahan-bahan alami tersebut, bakso sayur ini menjadi alternatif bakso sehat yang bisa pula disantap oleh kaum vegetarian.

"Kandungan serat, vitamin dan unsur lain dalam sayuran menjadikan bakso sayur memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Termasuk jamur tiram yang digunakan sebagai pengganti daging mengandung senyawa pleuran yang berkhasiat sebagai antitumor, menurunkan kolesterol, serta bertindak sebagai antioksidan," jelasnya.

Pembuatan bakso sayur ini relatif mudah. Bumbu yang terdiri dari bawang putih, merica, garam, dan tumbar dihaluskan dicampur dengan potongan jamur tiram, dan sayuran (kubis, wortel dan sawi hijau). Setelah ditambahkan airdan menjadi adonan kemudian dicampur tepung kanji

”Adonan yang sudah jadi bisa langsung dibentuk dan direbus selama 10-15 menit. Bakso sayur yang telah matang tinggal iberi tambahan kuah dengan bumbu sesuai selera," imbuhnya. (Ran)

Minggu, 19 Juni 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar